Mengapa Terbentuk Butiran Air Saat Air Mendidih?

Mengapa Terbentuk Butiran Air Saat Air Mendidih? Saat air dalam teko mendidih dan buka tutupnya, kita akan melihat butiran air yang menempel di tutup teko. Butiran air ini timbul akibat proses sirkulasi.

Saat air mendidih, molekul air akan bertambah dan menguap. Uap tadi akan naik dan tertahan pada tutup teko.Uap tadi akan naik dan tertahan pada tutup teko. Jika teko ditutup kembali uap tadi akan kembali menjadi butiran air. Butiran air ini kemudian bersatu sehingga bertambah berat, dan akan jatuh kembali ke dalam teko. Proses ini akan terus berulang. Pada langit-langit tempat pemandian umum juga terdapat butiran air yang menempel hal ini juga sama dengan proses menempelnya butiran air pada teko.

Mengapa Air Mendidih Pada Suhu 100oc
Suhu saat suatu cairan mendidih disebut dengan titik didih. Titik didih air adalah 100o C. uniknya walaupun air terus menerus direbus, suhunya akan tetap berada di kisaran 100o C. akan tetapi bila air terus menerus ditebus, penguapan yang terjadi akan meningkat akibatnya jumlah air pun berkurang.

Saat merebus air di tempat yang tekanan udaranya rendah, air akan mendidih pada suhu dibawah 100o C. oleh karena itu, jika memasak nasi di gunung,nasinya akan setengah matang. Ini terjadi karena gunung memiliki tekanan udara yang rendah, sehingga air mendidih dibawah suhu 100AC. Akibatnya, beras tidak mendapatkan panas yang seharusnya, sehingga terasa kurang matang.

Fakta - Mengapa Terbentuk Butiran Air Saat Air Mendidih?

0 Response to "Mengapa Terbentuk Butiran Air Saat Air Mendidih?"

Post a Comment