Dari satu sel menjadi 50 triliun sel

Tahukah kalian, setiap manusia pada awal nya berasal dari sebuah sel telur yang kecil yang telah mengalami pembuahan?Sel telur ini berasal dari ibu, sementara sel yang membuahi sel telur berasal dari ayah, yaitu sperma.


"Apakah manusia mengira akan dibiarkan tak terurus? Bukankah ia hanya setitik mani yang dipancarkan?" (Al Qur'an, 75:36-37)
 
Diameter sel telur adalah 0,1 hingga 0,2mm . jauh lebih kecil dari pada semut hitam,lho. Sel telur yang telah mengalami pembuahan akan bergerak menuju Rahim ibu dan tumbuh menjadi embrio atau calon adik bayi. 

Embrio berada dalam Rahim selama lebih kurang 9 bulan 10 hari.Selama itu, embrio terus mengalami perkembangan. Pada usia 5 minggu, kaki dan lengan janin mulai tampak dan mulai sempurna pada usia 8 minggu. Pada usia 8 minggu ini, ukuran janin masih sangat kecil, bahkan lebih kecil dari pada sebutir kacang kenari.

Walaupun demikian, organ-organ utama si janin telah berbentuk.Jantungnya pun mulai berdenyut. Pada waktu 12 minggu, berbentuk lah wajah janin, termasuk juga tulang tulang rangka,kuku,dan tunas gigi. Janin berusia 12 minggu ini memiliki kepala yang besar lebih besar dari pada tubuh nya.

Pada usia 16 minggu, jenis kelamin janin telah terlihat, pada usia 20 minggu, rambut dikepalanya mulai tumbuh dan janin mulai bergerak dan menendang. Pada usia 40 minggu bayi pun siap dilahirkan.

Wah ternyata dari sel yang sangat kecil, akhirnya dapat terlahir seorang adik bayi yang lucu, yang nantinya akan tumbuh besar dan menjadi manusia dewasa. Ketika dewasa, tubuh manusia mengandung lebih dari 50 triliun sel.

0 Response to "Dari satu sel menjadi 50 triliun sel"

Post a Comment