Memilih laptop sesuai kebutuhan

Menjadi seorang gaptek (gagap teknologi) bukan suatu pilihan, dan jadi yang terdepan juga bukan suatu kebetulan, contoh kasus yang sering kita temui adalah persoalan memilih laptop apa yang harus kita beli. masalah ini sebenarnya masalah klasik. 



Banyak orang membeli laptop tidak sesuai dengan kebutuhan, memaksakan apa yang dia inginkan bukan yang dia butuhkan.  cobalah mulai dari hal membedakan antara kebutuhan dan keinginan kita. beli Laptop dengan keuangan kita dan kebutuhan kita, kalau hanya keinginan, saya ingin membeli Laptop yang canggih luar biasa dengan harga diatas 10 jt. TAPI! laptop tersebut saya gunakan hanya untuk mengetik dan mendengarkan musik. Apa itu tidak mubazir.? 
Mungkin obrolan ringan ini sudah basi di bahas oleh para blogger lainnya, bagaimana cara memilih laptop sesuai dengan kebutuhan.


1. Sesuaikan menurut keuangan kita.
Tidak semua orang mempunyai uang yang mencukupi untuk membeli apa yang mereka inginkan, bagaimana dengan sebagian orang yang hanya bisa beli laptop karena paksaan pekerjaan atau keinginan sang anak untuk belajar di sekolah.   kalau saya berpendapat lebih baik beli lah laptop yang Spesifikasinya tinggi, minimal dengan Prosesor core i-5, ram 4 GB, VGA 1 GB. dengan spesifikasi ini laptop masih bisa terpakai sampai 5 tahun kedepan dan masalah teknologi pun tidak akan terlalu ketinggalan jika dipakai sampai 5 tahun. Biasanya harga laptop tersebut kisaran 5-8 jt, Tapi jika keuangan kita tidak sampai yang harus kita lakukan adalah mencari laptop dengan spesifikasi standar namun dalam masalah hardware tidak terlalu jadul.  misal dengan menggunakan prosesor core 2 duo. biasanya harga laptop seperti ini kisaran 3-4 jt.

2. Lihat apa yang akan kita gunakan
Biasanya hal ini jarang kita perhitungkan, yang kita lihat hanya yang penting beli laptop. Jika laptop yang kita butuhkan hanya untuk mengetik mendengarkan musik, belilah laptop dengan spesifikasi standar, bisanya Prosesor Atom dengan ukuran layar 10". sekarang laptop seperti ini kisaran harga 2-3 jt. beda halnya dengan kebutuhan Laptop untuk bermain game, mendesain, edit video lebih baik belilah laptop yang Spesifikasi tinggi, agar kinerja laptop tetap baik dan kinerja hardware pun tidak dipaksakan. Biasanya laptop seperti ini kisaran harga 5-8 jt .

3. Apa baiknya dengan laptop kita?
Sebagus apasih laptop kita? sebagus apapun ujung2 nya laptop kita hanya jadi barang nyamuk, di wariskan ke adik, atau di jual lagi. Jika pilihan kita adalah untuk di jual lagi lebih baik beli lah laptop dengan spesifikasi standar. dengan kisaran harga 2-3 jt, lakukan jual beli laptop dengan kurun waktu 6 bulan, karena dengan jangka waktu tersebut sudah lahir laptop dengan harga yang sama tapi spesifikasi di atas laptop yang kita beli 6 bulan kebelakang. Namun jika laptop kita hendak diwariskan untuk adik, sodara kita lebih baik beli lah yang spesifikasi menengah-tinggi, agar setelah beberapa tahun kita pakai, kinerja dari hardware tetep baik.  dan jika di wariskan juga tidak akan terlihat jadul.

4. Beli laptop bekas
mencoba beli laptop bekas juga tidak ada salahnya. keunggulan membeli laptop bekas adalah harganya yang super miring, dan jika di jual lagi juga harganya hampis sama dengan yang kita beli. tapi jangan asal beli, carilah orang yang mengerti komputer untuk menemani kita membeli laptop bekas tersebut. jangan lupa tanyakan apakah masih ada garanasinya, kalau ada kemana kita harus servis jika terjadi kerusakan.

5. Tanyakan Garansi
Beli Laptop sudah pasti dapat kartu garansi, coba lah tanyakan kepada penjualnya, apa saja yang di servis , kemana kita harus servis jika terjadi kerusakan, karena tidak semua toko yang menjual menerima servis komputer, meskipun laptop yang kita beli dari toko tersebut. 

Pesan saya "carilah info sebenyak mungkin sebelum membeli" 

0 Response to "Memilih laptop sesuai kebutuhan"

Post a Comment